Oleh – Oleh Khas Lombok yang Enak

Posted on

Oleh oleh khas Lombok yang enak itu yang pasti akan kamu sering dengar sehabis pergi kesana. Bukan 1 atau 2 kali kamu akan ditanya atau di tegur seperti itu.

Ini adalah tanda bahwa kamu harus segera memberikan buah tangan dari Lombok untuk mereka yang menegur kamu seperti itu,

Hal ini adalah hal yang biasa terjadi pada daerah kita di seluruh Indonesaia dengan berbagai bahasa dan gaya biacara, namu tetap intinya adalah meminta untuk diberikan oleh-oleh.

Yang perlu kamu siapkan pulang adalah menyiapkan oleh oleh yang lengkap dan bisa diberikan kepada mereka yang mau untuk mengambil oleh-oleh tersebut.

Lalu apa saja oleh-oleh dari lombok yang cocok untuk orang dirumah? Tenang Sidikul ada beberapa referensi nih untu kamu yang masih bingung untuk menentukan oleh oleh dari yang enak dan bisa membuat kesan (mengesankan).

Oleh Oleh Khas Lombok yang Enak dan Bikin Kesan

Banyak sih yang bisa kamu berikan untuk bisa dijadikan olhe-oleh saat pulang.

Susu Kuda Liar (Lombok)

Susu kuda liar ini mengandung khasiat yang tidak kalah menyehatkan dari susu sapi lho! Bahkan disebutkan bahwa susu ini kandungan gizinya sama dengan ASI dan memiliki kualitas protein yang lebih baik. Susu kuda liar juga berkalori rendah, dapat melancarkan pencernaan dan cocok bagi orang yang alergi susu sapi.

Susu kuda liar ini bisa bertahan hingga empat bulan dan dibuat tanpa pengawet. Di Lombok, kamu pun bisa menjumpai susu kuda liar yang diolah menjadi permen. Kemasan yang disediakan umumnya dalam botol plastik yang memudahkanmu untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga.

Dapat dibeli di: Susu Kuda 88, Monggo, Mada Pangga, Bima, Nusa Tenggara Barat 84111. Harga: mulai dari 50,000 IDR.

Tuak Manis

Tuak ini merupakan minuman beralkohol yang dibuat dari penyulingan nira aren atau fermentasi beras ketan. Jika kamu ingin mengonsumsinya, sebaiknya mengecek kadar alkoholnya terlebih dahulu karena kadarnya bervariasi antara lima sampai 20 persen.

Meskipun beralkohol, namun tuak ini mempunyai manfaat untuk kesehatan juga lho! Lewat penelitian dalam Journal of Experimental and Clinical Anatomy, tuak dapat meningkatkan kemampuan penglihatan dan produksi ASI sehingga lazim ditambahkan ke dalam obat-obatan herbal.

Kamu dapat menemukan tuak manis banyak dijajakan di Gili Trawangan. Jika menginginkan tuak yang belum beralkohol, mintalah tuak yang masih segar dan baru dibuat saat itu juga. Sebab jika sudah didiamkan, maka akan timbul kandungan alkohol dalam tuak.

Dapat dibeli di: Tuak Manis Hj. Enah, Jl. Raya Mataram – Tj. Kekait, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat. 83351. Harga: mulai dari 25,000 IDR.

Kain Tenun Ikat dan Songket khas Lombok

Pusat pembuatan kain tenun ini dapat kamu jumpai ketika berwisata ke Desa Sukarara di Lombok Tengah yang dihuni oleh suku Sasak. Para wanita di desa ini pandai menenun dan kepandaian ini menjadi syarat untuk dapat menikah. Terdapat dua jenis kain tenun yang biasa dijual yaitu kain tenun ikat dan kain tenun songket.

Bagaimana cara membedakannya? Kain tenun songket mempunyai hiasan timbul yang terbuat dari benang katun, benang emas atau benang perak. Sedangkan nama kain tenun ikat berasal dari proses pembuatan motifnya, yaitu dengan mengikat bagian tertentu sehingga membentuk motif yang diinginkan.

Bisa dibeli di: Sukarara, Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83561. Harga: mulai dari 95,000 IDR.

Mutiara khas Lombok

Mutiara dari Lombok sudah terkenal kualitasnya hingga ke mancanegara karena butirannya besar dan memiliki kilau yang indah. Ada dua sumber untuk memproduksi mutiara di Lombok, yaitu dari kerang mutiara di laut dan kerang yang dibudidayakan di air tawar.

Kualitas dan harga mutiara ditentukan oleh beberapa aspek seperti tingkat kilau, bentuk yang sempurna, lapisan warna, kondisi permukaan dan ukuran mutiara. Semakin baik nilainya, tentu saja semakin tinggi harga mutiara tersebut.

Dapat dibeli di: Mutiara Lombok Sekarbela, Jl. Sultan Kaharudin Gang Masjid Ar Raisiah No. 7, Sekarbela Karang Pule, Mataram, Nusa Tenggara Barat 83116. Harga: mulai dari 45,000 IDR.

Terasi khas Lombok

Kalau kamu hobi memasak atau ingin membeli oleh-oleh bagi penggemar kuliner, jangan lupa membeli terasi dari Lombok ini! Terasi produksi Lombok sudah dikenal kualitasnya, bahkan menjadi terasi favorit dari pakar kuliner William Wongso.

Terasi ini diproduksi tanpa menggunakan bahan pengawet. Ada dua jenis terasi yang terkenal yaitu terasi lakara atau lengkare dan terasi berok atau beraw. Kamu dapat memilih ingin mencoba terasi kering yang lazim disebut terasi bakar atau terasi yang masih basah. Siap-siap gagal diet jika sudah merasakan terasi khas Lombok yang gurih dan wangi ini ya!

Dapat dibeli di: Terasi Udang Lombok Bunda Zaenab, Jl. Masbagik – Pancor No.02, Dasan Lekong, Sukamulia, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat 83652. Harga: mulai dari 15,000 IDR.

Kopi khas Lombok

Kalau kamu penyuka kopi, harus mencoba kopi dari Lombok ini! Tidak hanya untuk menyegarkan badan, kopi ini juga mempunyai rasa yang istimewa. Varietas yang terkenal adalah arabika Sembalun dan robusta Gangga Lombok.

Rasa yang bisa didapatkan dari kopi robusta Gangga Lombok adalah rasa lembut antara leci, kacang, cokelat atau gula merah. Sedangkan untuk kopi arabika Sembalun bercita rasa rempah-rempah, karamel dan cokelat. Kopi khas ini dijual di banyak lokasi di Lombok sehingga tidak sulit mendapatkannya dan kamu dapat memilih sesuai dengan seleramu.

Dapat dibeli di: Nuansa Kopi, Jl. Diponegoro No.27, Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83511. Harga: mulai dari 21,000 IDR.

Manisan dan Dodol Rumput Laut

Lombok memiliki banyak pantai yang menyimpan kekayaan alam yaitu rumput laut. Rumput laut yang bergizi dan berkalori rendah ini kemudian diolah oleh masyarakat sekitar menjadi manisan yang berwarna-warni ini.

Selain manisan, rumput laut pun diolah menjadi dodol. Dodol rumput laut ini diberi aneka perasa buah seperti sirsak, nangka, tomat, labu siam dan lain-lain. Sedangkan manisan rumput laut memiliki rasa seperti agar-agar yang hampir sama untuk semua warna. Oleh-oleh ini cocok untuk segala usia dari anak-anak sampai orang dewasa, untuk makanan penutup atau makanan selingan.

Dapat dibeli di: Phoenix Food Showroom, Jl. A. A Gede Ngurah, Cakranegara Sel. Baru, Mataram, Nusa Tenggara Barat 83232. Harga: mulai dari 12,500 IDR.

Leave a Reply

Your email address will not be published.