Oleh oleh Favorit khas Padang

Posted on

Oleh oleh Padang – Tak cukup puas rasanya kalau liburan tidak membawa oleh – oleh untuk rumah baik keluarga dan tetangga.

Apalagi kalau liburan dan wisata ke pulau Padang.

Kota dengan beragam makanan khas ini bukanlah yang aneh, karena memang terkenal dengan lengkapnya rempah disana.

Kita sering mendengar dan membaca rumah makan Padang, ini bukan hal yang sulit ditemui di setiap kota.

Karena rumah makan padang ini adalah rumah makan favorit bagi pelancong yang berlibur disebuah kota bukan tanpa sebab karena masakan yang khas dan enak tentunya.

Apalagi kamu sedang ada dikota tersebut jelas ada banyak ragam kuliner khas dan oleh – oleh yang enak untuk dibawa pulang.

Banyak sekali memang oleh – oleh yang bisa kita bawa untuk keluarga di rumah, bahkan Sidikul.Com juga cukup bingung untuk mulai bahas dari oleh – oleh yang mana.

Tapi kami pilihkan yang unik dan menonjol dari oleh – oleh khas padang.

Berikut adalah Oleh oleh Favorit khas Padang

Dadiah

Dadiah atau dadih adalah sejenis makanan berwujud yoghurt yang dibuat memakai susu kerbau tetapi dengan cara tradisional khas Minangkabau.

Cara pengolahannya terhitung unik, gara-gara tidak tergoda oleh cara-cara moderen yaitu hanya dengan memakai bahan yang sederhana.

Cara fermentasinya adalah dengan memasukkan susu kerbau ke dalam wadah berasal dari bambu yang ditutup dengan daun pisang atau daun waru yang pada mulanya sudah dilayukan memakai api.

Karena sistem ini, maka dadih akan memiliki bakteri bernama Lactobacillus casei yang membuatnya menggumpal.

Proses fermentasi selanjutnya wajib berada terhadap suhu ruangan dengan sementara tempuh hingga 2 atau 3 hari untuk beroleh yoghurt yang baik.

Dengan terdapatnya asam laktat, olahan susu ini sanggup menghambat macam-macam penyakit, turunkan kadar kolesterol dan kanker usus, dan meningkatkan kekuatan tahan tubuh.

Untuk itu dadiah sanggup dikonsumsi sementara sarapan atau sebagai cemilan untuk menemani keseharian.

Kerupuk Karak Kaliang

Karak kaliang merupakan kerupuk yang dibikin memanfaatkan bahan basic ubi kayu berwujud angka delapan bersama warna khas kuning.

Cara pembuatan oleh-oleh khas Padang yang enak ini adalah bersama mengambil ubi kayu selanjutnya dikupas kulitnya, habis itu ubi kudu dicuci hingga bersih dan diparut hingga membuahkan tepung ubi.

Untuk mengimbuhkan cita rasa gurih dan asin, maka kudu ditambahkan bersama bawang putih dan garam secukupnya pada adonan tadi.

Adonan tadi diaduk dan diuleni hingga kalis sebelum dibentuk angka delapan yang nantinya digoreng pada minyak panas.

Jika anda inginkan mendapatkan oleh-oleh khas Padang Sumbar ini bersama harga yang murah, anda bisa segera menuju pabrik pembuatannya di Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota.

Harga di pabrik pembuatannya, cuma Rp.5000 satu kemasannya dan bisa disantap sebagai cemilan atau pelengkap makan bakso maupun nasi goreng.

Kerupuk Jangek

Kerupuk Jangek adalah makanan yang paling tepat sebagai teman makan makanan apapun, terasa berasal dari bakso, soto, nasi goreng, sampai dimakan sebagai cemilan termasuk enak.

Sehingga warga Andalas (Sumatera) mengeluarkan produk kerupuk berasal dari kulit kerbau ataupun kulit sapi sehingga kerupuk jangek dengan cita rasa renyah dan cocok sebagai oleh-oleh cemilan khas Padang.

Bentuk berasal dari kerupuk ini sangatlah beragam, ada yang kotak memanjang, persegi, sampai wujud lain.

Pembuatannya termasuk benar-benar mudah, yang diperlukan hanya kulit sapi atau kerbau, garam, dan minyak goreng, dan juga panas matahari.

Caranya adalah dengan menjemur kulit hewan berkaki empat tadi sampai bersih selanjutnya direbus sampai kulit tadi benar-benar empuk dan bulu-bulunya sedikit demi sedikit hilang.

Setelah itu baru bisa dipotong kecil-kecil cocok selera dan diberi taburan garam yang nantinya akan dijemur di bawah sinar matahari sepanjang 3 sampai 7 hari.

Terakhir selagi kulit benar-benar kering, sesudah itu adalah menggorengnya. Rasa berasal dari oleh-oleh makanan khas Padang ini gurih dan renyah, benar-benar tepat jika disantap kapanpun dan dimanapun.

Oleh Oleh Roti Randang

Menjadi makanan terlezat di dunia menurut survei yang dilakukan oleh CNNgo membawa dampak nama rendang mencuat di pasaran, tidak benar satunya Padang.

Di sana terkandung produsen oleh-oleh khas Padang Sumatera Barat dengan merk “Roti Randang Ninur” yang beralamatkan di Jalan Proklamasi dengan beraneka olahan roti tetapi dicampur dengan lezatnya rendang.

Penggabungan kedua makanan berikut tergolong unik dan agak berani, mengingat rasa rendang yang cenderung pedas berserat dilengkapi dengan roti yang lembut dan agak manis.

Namun perpaduan ini nyatanya berhasil membuahkan olahan rendang baru tetapi memiliki rasa enak dan nikmat.

Pembuatan rendangnya udah dibikin sedemikian rupa sampai membuahkan daging yang tidak berair seperti kebanyakan, dan yang penting minyaknya (lemak) terkurangi.

Daging-daging berikut dipilih dan digiling untuk menjadi varian roti ini, menjadi berasal dari roti rendang daging sapi, roti rendang daging ayam, dan ada yang unik, yakni roti rendang kacang merah.

Satu roti rendang dihargai dengan harga hanya 6 ribu rupiah, padahal satu porsi ini udah lumayan untuk mencukupi angka kalori pas sarapan.

Sedangkan ada roti rendang gulung yang dijual dengan harga 10 kali lipatnya, yakni 60 ribu dikarenakan memiliki bentuk lebih besar dan isian lebih banyak.

Karupuak Sanjai

Karupuak sanjai adalah panganan sejenis keripik yang dibikin pakai singkong khas Bukittinggi.

Nama Sanjai sendiri diambil alih berasal dari nama jalur di desa Manggis, Manggis Gantiang Sanjai, yaitu Jalan Sanjai sebab tepat di alamat itulah, dulunya pembuat karupuak sanjai berasal dan di lebih kurang daerah itu kerupuk ini dipasarkan.

Terdapat 3 varian rasa keripik ini, jadi berasal dari keripik tawar, yang tidak pakai bumbu, asin bersama dengan warnanya yang kuning, dan terakhir pedas atau keripik balado.

Keripik asin dibikin pakai bumbu-bumbu bawang putih, garam, dan kunyit yang membuatnya punyai warna kuning.

Sedangkan keripik balado dibikin bersama dengan bawang merah, bawang putih, gula pasir, dan yang utama cabai.

Di kawasan asalnya, yaitu jalur Sanjai kini terkandung puluhan produsen pembuat karupuak sanjai yang dapat dikunjungi untuk membelinya bersama dengan harga miring.

Apalagi di lebih dari satu daerah produksi, ada yang sebabkan inovasi keripik bersama dengan menciptakan stik keripik dan keripik berbumbu cabai kering.

Galamai

Galamai memang adalah olahan yang sama dengan dodol atau jenang, tetapi yang membedakannya adalah aspek bahan.

Bahan yang yang digunakan untuk menyebabkan dodolnya Minangkabau ini adalah tepung beras ketan, santan, gula aren, dan kacang tanah yang telah disangrai.

Jika diamati dari bahannya, maka kacang tanah adalah yang paling membedakannya dengan dodol garut maupun jenang kudus. Untuk rasa, telah pasti manis dari gula aren nan legit, rasanya sendiri hampir sama dengan jenang kudus.

Proses pembuatan galamai termasuk tergolong sama dengan dodol, yaitu dengan cara mengkombinasikan semua bahan di atas menjadi satu adonan lantas di matang di kuali besar dan diaduk-aduk selama 3 hingga 4 jam.

Setelah adonan lengket, baru nanti diangkat dan dipotong-potong selagi kondisi masih hangat.

Kemudian dijual dengan cara dibungkus satu-satu tiap potongan lantas dimasukkan ke dalam kemasan.

Salah satu produsennya adalah Gelamai Tek Tam dengan alamatnya berada di Jl. Latsitarda No. 114, Payakumbuh.

Batiah

Salah satu jajanan tradisional khas Payakumbuh yang jarang diketahui oleh orang adalah Batiah.

Cemilan ini dibuat menggunakan ketan yang telah dikeringkan kemudian ditanak dan terakhir digoreng menggunakan minyak.

jajanan batiah

Rasanya adalah manis namun akan sangat renyah saat diggit dan bisa membuat siapa saja ingin memakannya lagi dan lagi.

Sebagai makanan khas orang Minangkabau, membuat makanan ini akan sangat dengan mudah dijumpai di daerah Padang, Bukittinggi, dan Payakumbuh, khususnya di toko oleh-oleh.

Apalagi cemilan yang cocok dimakan sendiri maupun dimakan bersama-sama dengan keluarga ini memiliki harga yang relatif murah, yaitu Rp20.000 untuk 200 gram kemasannya.

Jajanan Kipang Kacang

Kipang kacang adalah makanan yang mirip bersama noga atau Ampyang orang Jawa sebab dibuat manfaatkan gula merah yang ditaburi bersama kacang tanah.

Karena dibuat manfaatkan gula, rasa yang dihasilkan sudah tentu manis dan termasuk mempunyai rasa yang renyah.

Walaupun pernah pembuatannya dikerjakan di Balingka, kini banyak sekali yang membuatnya di Bukittinggi dan dikemas bersama kemasan yang modern.

Selain mampu disantap sementara menemani minum kopi atau teh, makanan manis berbentuk persegi panjang ini termasuk mampu dimakan sementara tengah menikmati sore dan pagi hari.

Namun sesudah membelinya dan membuka kotak dari kemasan, kipang kacang dari gula enau berikut kudu langsung dikonsumsi agar tetap tetap renyah.

oleh oleh Karak Kaliang

Namun seandainya mendambakan menunda memasukkannya ke mulut, simpan saja di freezer, namun jangan lama-lama sebab mampu mengurangi rasa dan kerenyahannya.

Oleh Oleh Roti Sapik

Kue sapik adalah kue tradisional yang mempunyai rasa renyah yang dibikin berasal dari bahan-bahan seperi telur, margarin, gula pasir, tepung beras, garam, dan kayu manis.

Bentuknya sendiri nyaris sama dengan kue semprong namun jika kue semprong digulung, maka sapik bersifat segitiga.

Kue khas Sumatera Barat yang disukai oleh seluruh kalangan ini sering di sajikan waktu hari besar Idul fitri maupun acara lain layaknya acara pernikahan maupun acara sunatan atau khitanan.

Selain mempunyai rasa yang renyah, kue ini mempunyai rasa yang gurih namun di dalam pembuatannya perlu membutuhkan kesabaran dan ketelatenan.

Cara membuatnya adalah dengan mengkombinasikan gula pasir, tepung beras, garam, dan kocokan telur di dalam satu wadah.

Kemudian diberi santan sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk, sesudah itu adonan siap dimasukkakn ke cetakan yang sudah dilumuri margarin.

Kemudian cetakan tadi sanggup langsung dipanggang sambil dibolak-balik hingga sangat matang.

Pinyaram

Pinyaram merupakan panganan yang berasal berasal dari Sumatera Barat yang dibikin oleh suku Minangkabau dengan bahan-bahan layaknya gula pasir atau gula aren, santan, dan tepung beras atau beras hitam.

Semua bahan-bahan tersebut dibikin menjadi satu adonan kemudian dimasak di kuali yang juga menjadi cetakannya.

Makanan ini sanggup di sediakan waktu perayaan idul fitri atau terhadap acara pernikahan maupun acara-acara lain karena makanan ini adalah makanan yang spesial.

Selain itu, ada juga lebih dari satu varian berasal dari makanan ini, yang pertama adalah pinyaram putih yang bahan bakunya adalah beras putih, tetapi pinyaram hitam dibikin mengfungsikan beras hitam.

Sedangkan untuk rasa panganan dengan bentuk bulat ini, tidak hanya rasa original, melainkan telah ada rasa pisang dan durian, lebih-lebih ada rasa lain.

Dengan adanya varian rasa itulah kue tradisional ini akan semakin diminati oleh berbagai kalangan.

Oleh oleh Arai Pinang

Arai pinang adalah cemilan yang berasal berasal dari Sumatera Barat, khusunya daerah Pariaman.

Cara pembuatan style keripik ini adalah dengan pakai tepung beras dengan diberi rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa renyah dan gurih.

Tepung beras yang jadi bahan utama pembuatannya perlu lebih-lebih dahulu disangrai.

Bahkan salah satu rempah yang digunakan adalah kapur sirih untuk sebabkan rasanya semakin renyah.

Bentuk berasal dari cemilan ini adalah bulat dengan wujud pipih karena dipipihkan dengan arai pinang.

Dalam tiap-tiap penjualan makanan ini, arai pinang dikemas dengan wadah yang moderen dan dijual dengan harga menjadi berasal dari 28.000 rupiah untuk kemasan berbobot 300 gram hingga ada yang menjunjung 51.000 untuk kemasan dengan berat 400 gram tapi punya isi 2 kemasan.

Makanan ini apalagi dapat bertahan hingga 2 bulan karena dibuat dengan kapur sirih dan punya tampilan yang garing sehingga memperlambat perkembangan jamur.

Adalah hal perlu membeli buah tangan kala mampir ke sebuah kota, terhitung ke Padang.

Kamu dapat membeli lebih dari satu macam oleh-oleh khas Padang yang enak dan unik tersebut.

Rata-rata buah tangan berasal dari Padang hampir tak lepas berasal dari rutinitas dan budaya yang sudah lama menyatu dengan masyarakat Padang.

Karena keunikan itulah yang sebabkan tiap-tiap pengunjung perlu mempunyai setidaknya satu macam buah tangan untuk dibawa pulang.

Masih banyak lagi oleh oleh padang yang bisa kita bawa pulang kalau sedang berlibur kesana.

__semoga bisa bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.