Tempat Wisata Dekat Malioboro

Posted on

Tempat wisata jogja dekat malioboro yang wajib kamu kunjungi sebagai alternatif liburan kamu yang hanya 1 hari saja di Yogyakarta (tempat wisata dekat malioboro dengan jalan kaki).

Destinasi wisata ini terletak tidak jauh dari pusat kota jogja hanya berjarak beberapa kilometer saja yang pastinya menghemat waktu berlibur kamu.

Meskipun cuma sehari di jogja jangan sampai moment dan spot instagrammable ini terlewatkan, Mana aja sih yang bagus ? ke, yang pertama masih di sekitar kawasan jalan malioboro spot foto menarik dan keren-keren bisa kamu ambil disini.

Wisata Nol Kilometer

Usai nikmati makan siang di loji tertua Jogja, berjalanlah keluar kira-kira 50 meter. Kita dapat sampai di km 0 Jogja. Di sini, kami mampu memandang bangunan-bangunan Indis yang menjulang megah.

Selain itu, kami terhitung mampu memandang tangan-tangan kreatif seniman Jogja menghasilkan street art yang dipamerkan dan mampu dinikmati secara cuma-cuma.

Nol kilometer terhitung jadi tempat berkumpulnya anak muda Jogja. Bahkan di hari-hari tertentu, kerap pula dijadikan tempat pagelaran seni oleh komunitas-komunitas seni Jogja.

Wisata Edukasi Taman Pintar

Berjalan 300 mtr. ke arah timur berasal dari nol kilometer, kita dapat sampai di Taman Pintar Yogyakarta. Taman Pintar adalah sebuah ruang rekreasi sains bagi anak-anak.

Namun demikian, tak hanya anak-anak saja yang sanggup nikmati daerah ini. Orang-orang dewasa pun sanggup menjajal pengalaman mendengarkan dinding berdendang atau parabola berbisik.

Sepanjang perjalanan menuju daerah ini, mata kita dapat dimanjakan bersama dengan pemandangan gedung-gedung Indis yang berjajar rapi di seberang jalan.

Sebelum terlihat kawasan wisata malioboro kamu yang piknik jogja dengan keluarga anak istri tercinta wajib masuk ke wisata edukasi ini yaitu taman pandai jogja wilayah persisnya selatan titik nol kilometer lebih kurang 200M.

Tempat wisata dekat malioboro berikutnya adalah kita ke wisata edukasi bikin tingkatkan wawasan dan arena bermain anak-anak.

tempatnya sedap besar, megah dan didalamnya bervariasi permainan syarat edukasi sanggup dimainkan. Harga tiket masuk 20ribu. foodcourt udah ada disini jikalau lapar dan haus tidak usah bingung terlihat gedung.

Keraton Jogja

Letak Keraton Yogyakarta cuma kira-kira 600 mtr. dari Museum Sonobudoyo. Selain berfungsi sebagai area tinggal raja, Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat juga berfungsi sebagai penjaga nyala kebudayaan Jawa.

Di sini kita dapat menyaksikan secara segera bagaimana budaya Jawa tetap lestari. Beberapa pertunjukan kesenian dapat kita nikmati setiap hari, seperti musik gamelan sampai wayang orang dan pertunjukan tari.

Untuk dapat masuk ke didalam keraton ini, kita dapat membeli tiket yang dijual di dua loket. Loket yang pertama di Tepas Keprajuritan (depan Alun-alun Utara) dan yang ke dua di Tepas Pariwisata (Regol Keben).

Jika kamu menyukai wisata bersejarah mesti masuk nih ke keraton jogja ini. bakalan nambah wawasan tentang sejarah kerajaan yogyakarta itu sendiri, Dibuka jam 08.00 – 14.30 wib.

Tapi khusus hari Jum’at dibuka dari jam 08.00 wib – 12.00 wib. Harga tiket masuknya Rp.7.500,- untuk wisatawan lokal dan Rp. 12.500,- untuk wisatawan asing. silahkan dieksplore istana raja jogja yang megah ini.

Museum Kereta Keraton

Bila sebelumnya sudah masuk ke bangunan utama keraton jogja, maka sekarang ganti sebelah baratnya tapi tetap area keraton terhitung hanya sebagian ratus meter. Museum kereta ini menyimpan kendaraan raja raja mataram terhadap jaman lampau dan tetap terjaga keasliannya.

Jangan serampangan ya di di dalam museum ini karena konon kereta kencana milik raja ini tetap sering di ruwat atau diberi sesajen setiap tahunnya. jadi dapat dipastikan wingit

Usai nikmati keindahan di area tinggal orang nomor satu di Jogja ini, berjalanlah sebentar ke arah Museum Kereta Keraton Yogyakarta yang terletak di kompleks yang sama.

Museum ini menyimpan setidaknya 22 unit kereta keraton yang sudah tersedia sejak berabad-abad silam. Ke 22 koleksi kereta selanjutnya berasal berasal dari jaman pemerintahan HB 1 (1755-1792) sampai HB VIII (1921-1939).

Secara garis besar, kereta-kereta keraton selanjutnya dapat dikelompokkan jadi dua, yakni kereta yang di membuat di di dalam negeri dan kereta yang di membuat di luar negeri (Belanda, Inggris, Jerman).

Kereta-kereta selanjutnya tersedia yang merupakan hadiah dan tersedia pula yang sebenarnya sengaja dibuat untuk kepentingan kerajaan.

Dengan kata lain, berkunjung ke museum ini serupa seperti berkunjung ke garasi kerajaan bersama koleksi kendaraan yang super antik.

Alun – Alun Selatan (Alkid)

Terletak di belakang keraton jogja, wisata ini menyuguhkan situasi yang asik sementara malam hari. dikarenakan banyak sekali perihal menarik yang bisa anda lakukakan disini.

Foto foto selfi, nongkrong duduk lesehan sambil makan jagung bakar dan ronde, atau senang muter alun alun bersama dengan odong odong atau becak hias yang warni warni bersama dengan keluarga tercinta sah sah saja.

Matahari sesungguhnya udah turun, tapi bukan berarti perjalanan kali ini berakhir. Berjarak kira-kira 900 meter berasal dari Istana Air Taman Sari, Alun-alun Kidul udah menanti.

Dari jauh, lampu odong-odong yang meriah udah terlihat. Wisatawan maupun masyarakat lokal Jogja silih berpindah memadati area ini.

Di sini, kita bisa berisirahat sejenak sambil menikmati makan malam atau jagung bakar ditemani semangkuk wedang ronde khas Jogja. Perut udah kenyang, saatnya berpetualang.

Berjalan menutup mata sambil mengusahakan lewat dua pohon beringin kembar di sedang alun-alun, sesederhana itulah petualangannya.

Alun – Alun Utara (Altar)

jalur kaki terhitung bisa dari malioboro ke alun alun utara ini jaraknya 500M selatan malioboro, sore hari atau malam hari kondisi yang pas dikarenakan cuaca siang di jogja akhir akhir ini panasnya kebangeten.

Di lebih kurang alun alun utara ini menjamur anekan penjaja makanan dan minuman, gudeg,es klapa muda, warung kopi bersama desain out dor, warung susu dan aneka makanan lainnya.

Museum Sonobudoyo

Puas nikmati sains di Taman Pintar, saatnya melanjutkan penjelajahan dengan nikmati budaya Jogja secara lebih dekat. Berjalanlah ke arah barat sejauh 350 mtr.

Dari Taman Pintar, sesudah itu belok ke kiri menuju Jl. Pangurakan sejauh 140 m, setelah itu berbeloklah ke kanan. Tak sampai 100 mtr berjalan, kita akan mendapati sebuah museum yang memuat sejarah kebudayaan Jawa.

Sambil berjalan menuju Museum Sonobudoyo, kita akan lagi melalui bangunan-bangunan Indis, selanjutnya masuk ke Alun-alun Utara. Di museum ini, benda-benda antik penanda sejarah dipamerkan.

Ada yang asli, tersedia pula yang berbentuk replika. Berada di sini terhitung memicu kita seolah berjalan ikuti alur sejarah.

berlokasi disekitar alun alun. museum dengan beragam peninggalan bersejarah terhadap masa kolonial belanda. mulai dari seni,budaya,religi, dan peralatan hidup terhadap masa lampau.

Membuka tiap hari mulai pukul 08.00 – 15.30 biaya tiket masuk cuma 3ribu.

Museum Kerata Kencana

kereta kencan wisata dekat malioboro

Bila di awalnya udah masuk ke bangunan utama keraton jogja, maka saat ini tukar sebelah baratnya namun masih tempat keraton terhitung cuma sebagian ratus mtr.

Di museum kereta ini menyimpan kendaraan raja raja mataram terhadap jaman lampau dan masih terjaga keasliannya, jangan teledor ya di dalam museum ini karena konon kereta kencana punya raja ini masih sering di ruwat atau diberi sesajen tiap-tiap tahunnya.

Wisata Tamansari

Berjalan sejauh 1,2 km dari Kraton Yogyakarta, maka kita bakal hingga di Taman Sari. Ini merupakan daerah di mana kita bisa mengagumi keindahan arsitektur kuno yang begitu indah dan gagah.

Selain tiga kolam pemandian yang melegenda, lorong-lorong bawah tanah dan juga masjidnya pun selamanya jadi kekuatan tarik wisatawan.

Mengakhiri perjalanan di istana air ini bersama berkunjung di Gedung Kenongo merupakan pilihan yang tepat.

Di gedung tertinggi dari istana air ini, kita bisa coba hal yang sering dilaksanakan oleh raja-raja terhadap pemerintahan di awalnya yakni menikmati golden sunsetnya Jogja.

Istirahat sejenak di sini sambil melihat matahari turun ke peraduan sebelum kita lanjutkan perjalanan.

Taman air kuno peninggalan keraton jogja yang tetap dilestarikan, sebagai object wisata di jogja yang terlalu populer gara-gara banyak wisatawan asing ramai berkunjung ke daerah ini.

Plengkung Gading

Bangunan gapura yang menyerupai terowongan peninggalan belanda, kerap bikin syuting film cost masuk gratis.

Sangat tepat dikunjungi sore hari atau pagi hari foto – foto ala bangunan tua bagus banget di plengkung gading ini.

Berlokasi diselatan alkid dan ada termasuk yang disebelah timur alun alun utara jadi pintu masuk sentra gudeg populer dijogja yaitu gudeg wijilan.

Gereja Kuno

tempat wisata dekat malioboro

Berlokasi di kampung Prawirodirjan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55131 map agak sedikit sulit ditemukan dikarenakan di di dalam permukiman penduduk.

Tetapi foto bersama dengan latar belakang gereja yang memang adalah rumah kuno berdesain mirip kastil ini keren termasuk lho.

Selfie Pak Taman Pule

Nggak harus jauh jauh ke hutan pinus mangunan, di pusat kota jogja sudah diakses nih wisata baru yang menghadirkan nuansa berfoto seperti di daerah mangunan. cost foto 10ribu.

Berlokasi di Jl. Veteran No.150-151, Pandeyan, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta (xt-square) 16 menit berasal dari jalan malioboro.

Pasar Beringharjo

Ketika menyusuri Jalan Malioboro anggota selatan, pasar yang sudah tersedia sejak tahun 1758 ini pasti akan menarik perhatian. Pasar Beringharjo ini senantiasa eksis walau pasar-pasar moderen lain kian menjamur di Jogja.

Berhentilah sebentar, cobalah saja mencicipi ragam kuliner yang dijual di sana.

Pecel kembang turi yang langka pasti menggoda selera. Setelah itu, kita bisa berbelanja, merasa dari batik, jejamuan, hasil kerajinan hingga pakaian pengantin yang harganya jutaan bisa kita temukan.

Kantor Gubernur

Dari beringharjo jalan ke arah utara nanti tersedia perempatan ke 2 sehabis toko busana ramayana tepat pojok jalan tersedia toko batik terang bulan langsung belok kanan bakal tersedia bangunan baru dari gedung kepatihan jogja yang bagus banget untuk spot foto.

Taman Parkir Kendaraan Abu Bakar Ali

Parkir pernah kendaran kamu di kawasan parkir malioboro, tips berasal dari aku mending kamu parkir motornya di museum benteng Vredeburg cek Map.

Memang kenapa mas? karena untuk mempermudah kamu saat start jalan berasal dari ujung selatan (titik nol km) ke arah utara dan sudi balik kembali ke daerah parkiran motor biar gak penat banget dengan naik becak cuma kena cost 10rb.

Beda kembali kalau kalian parkir di sebelah utara contoh di taman parkir abu bakar ali yang paling ujung sebelah utara, terus kamu sudi balik kembali ambil motor bakalan kena 20ribu naik becaknya soalnya si abang becak perlu muter arah melalui belakang malioboro

Mungkin memang sedikit sih tempat wisata dekat malioboro namun ini semua insyallah bisa kita tempuh dengan hanya berjalan kaki.

Sehingga ramah dan sehat banged untuk tubuh kita,

Leave a Reply

Your email address will not be published.