Tips Liburan ke Batu Malang

Posted on

Ingin berlibur bersama keluarga maka kota Batu Malang adalah pilihan yang tepat, sebab akan jadi tempat liburan terbaik keluarga.

Kota Malang adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya, dan kota terbesar ke-12 di Indonesia. Kota ini didirikan pada masa Kerajaan Kanjuruhan dan terletak di dataran tinggi seluas 145,28 km² yang terletak di tengah-tengah Kabupaten Malang, [Malang]

Memang kalau dipikir baik – baik malangd an Jogja tidak jauh berbeda namun Malang jadi pilihan yang pas saat seperti ini karena sangat cocok untuk liburan keluarga.

Malang juga menjadi sentra dan pusat apel hijau yang segar dan manis.

Tak heran kalau udara dan suasana disini sejuk dan nyaman untuk berlibuar dan memetik apel, layaknya memetik apel di kebun sendiri.

Oiya untuk kamu yang ingin ke kota Malang ada beberapa pilihan cara untuk bisa pergi ke Malang dengan nyamana dan aman.

tips liburan ke kota malang

Ragam Cara untuk Pergi ke Kota Batu

Berikut ini adalah type sebagian moda transportasi yang dapat kamu pilih menuju ke kota Batu Malang dengan mudah dan cepat.

Lewat Melalui Jalur Darat

Jika kamu pilih jalan darat, selanjutnya adalah beberapa tipe transportasi yang sanggup digunakan untuk pergi ke Kota Batu.

  • Naik Bus – Kamu sanggup pilih bus jurusan Jakarta – Malang, setibanya di Terminal Malang melanjutkan perjalanan menuju kota Batu. Untuk estimasi sementara tempuh perjalanan lebih kurang 19 jam, tergantung berasal dari keadaan lantas lintas jalan raya.
  • Naik Kereta Api – Kebanyakan transportasi ini menjadi pilihan yang favorit tak hanya menghemat sementara dan termasuk kenyamanan di perjalanan. Kereta Api target Malang yaitu KA Eksekutif Gajayana dan KA Eksekutif Bima. Dari stasiun Malang kamu sanggup melanjutkan perjalanan menuju Batu.

Lewat Melalui Jalur Udara

Semua penerbangan memakai pesawat terbang akan mendarat di Bandara Abdul Rahman Saleh ( MLG ) Malang, gara-gara kota Batu tidak memiliki bandara udara.

Dari bandara Malang ke Kota Batu lebih kurang butuh sementara tempuh lebih kurang 1,5 jam perjalanan.

Transportasi berasal dari atau ke bandara Malang:

  • Naik Angkot – Kalau kamu pilih transportasi ini tersedia di luar kompleks bandara dan pilihlah angkot yang berwarna hijau bersama dengan jurusan Arjosari – Lawang ( AL ). Atau berasal dari Terminal Arjosari, naik angkot jurusan ADL dan turun di Terminal Landungsari. Di Terminal Landungsari, banyak tersedia angkutan lazim menuju kota Batu.
  • Naik Taksi – di Bandara Abdul Rahman Saleh tersedia taksi bandara dan untuk tarif taksi bandara merasa berasal dari Rp. 125.000 bersama dengan target kota Batu.

Siapkan Penginapan atau Hotel

hotel dan penginapan

Batu, sebagai keliru satu kota wisata keluarga yang tengah populer, mempunyai banyak sekali pilihan penginapan.

Mulai berasal dari inn sampai hotel berbintang. Mulai berasal dari harga yang ratusan per malam, sampai yang jutaan per malam.

Berikut adalah list untuk Hotel – Hotel di Batu Malang.

  • The Batu Villas, Address: Jl Sultan Agung 29, Batu, ☎ +62 341 592955 (marketing@thebatuvillas.com, fax: +62 341 592955)
  • Kartika Wijaya Hotel, Jl Panglima Sudirman 127, Batu, ☎ +62 341 592600
  • Klub Bunga, Alamat: Jl Kartika 1, Batu, ☎ +62 341 594777
  • Kampung Lumbung Boutique Hotel and Spa, JL Puskesmas Dalam 1 Raya Beji, ☎ +62 341 5025177 (grahabunga@grahabunga.com)
  • Metropole Hotel, Jl Panglima Sudirman 93, Batu, ☎ +62 341 591759.
  • Royal Orchid Garden, Jl. Indragiri 4, Batu, ☎ +62 341 593083
  • Hotel Sumber, Jl. Darsono 14, Batu 65311, ☎ +62 341 591467
  • Villa Gunung Putri, Jl. Arumdalu no. 42, Songgoriti, ☎ +6281916339191
  • Pondok Jatim Park. Hotel bintang 1 dekat dengan Jatim Park 1
  • Purnama Hotel, Jl. Raya Selecta 1-15 (Berada di jalan menuju Selecta), ☎ +62 341 592700.
  • The Singhasari Resort, Jl. Ir. Soekarno No. 120 (Dekat perbatasan Kota Batu dan Malang), ☎ +62 341 513333
  • Villa Mulyono, Jl. Salam – Bulukerto (Dekat Hotel Purnama, di jalan menuju Selecta), ☎ 081311646468

Siapkan Transportasi saat di Kota Batu

  1. Angkot -Di Kota Batu terdapat sebagian model angkot yang melayani rute dalam kota dan mampu dikenali dari warna angkot atau huruf awal dari rute angkot. Untuk tarif angkotnya jadi dari Rp. 4.000. Berikut ini rute angkot yang tersedia di Batu, yakni : #Angkot BL ( angkot warna ungu muda ) : rute Batu – Landungsari
    #Angkot BTL ( angkot warna ungu tua ) : rute Batu Torongrejo – Landungsari
    #Angkot BJL ( angkot warna kuning muda ) : rute Batu – Junrejo – Landungsari
    #Angkot BB ( angkot warna merah jambu bergaris hijau ) : rute Batu – Bumiaji
    #Angkot BG ( angkot warna merah jambu bergaris merah tua ) : rute Batu – Gunungsari
  2. Bus Kota – Ini adalah pilihan yang cocok dan mudah untuk transportasi saat di kota Malang, bukan saja murah namun juga banyak hal yang kamu dapat seperti gratis menikmati pemandangan kota melalui Bus ini.
  3. Ojek Sepeda Motor – Transportasi ini dipilih jika kamu dambakan menghemat kala dan menuju tempat atau tempat yang tidak mampu ditempuh dengan angkot atau bus. Untuk tarif ojeknya cocok dengan jarak tempuh dan kesepakatan. Tidak ada standard tarif ojek di Kota Batu.
  4. Sewa Kendaraan Pribadi – Dengan kamu menyewa sebuah kendaraan sendiri kamu memiliki banyak waktu dan pilihan untuk berhenti dimana saja yang kamu kehendaki, karena bisa menikmati  jajanan dan kuliner di kota Batu Malang.

Menginap di homestay

Untuk empat hari tiga malam, usahakan saja menginap di homestay. Kamu sanggup cek informasi hotel terdekat di Airy Rooms. Di website itu, tersedia kok yang harga penginapannya cuma Rp 150 ribu per hari. Rp 150 ribu x 4 hari = Rp 600 ribu.

Nah, ngomong-ngomong soal cost makan nih, pengeluaran yang satu ini sebetulnya sanggup bikin kantong jebol tanpa kamu sadari.

Selalu ingat lho, kamu di sana berkenan liburan ke area wisata, bukan berkenan wisata kuliner doang. Lebih baik anggarkan Rp 300 ribu bikin makan empat hari. Pilih area yang murah meriah di pinggiran, asal bersih sih aman.

Pilihan Tempat Liburan Terbaik Batu Malang

Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi saat berkunjung ke Kota Malang Batu, jadi jangan sampai kamu saalh pilih tempat liburan.

Berikut ini Sidikul.Com berikan pilihan terbaik untuk liburan di Kota Batu Malang.

Liburan ke Jatim Park

Jawa Timur Park dengan sebutan lain Jatim Park mungkin sanggup menjadi objek wisata pertama yang kamu kunjungi pas liburan ke Malang. Alamat Jatim Park ada di Jl. Kartika No.2,Kota Wisata Batu.

Nah kecuali kamu berangkat pas weekdays, maka tiket masuknya bakal diskon 30 persen. Untuk masuk ke Jatim Park 1 kamu hanya mesti bayar 70 ribu saja, tetapi ke Batu Secret Zoo Rp 84 ribu.

Adapun tiket Museum Angkut seharga Rp 70 ribu. Di sana juga ada tiket terusan juga, nah lebih lengkapnya kamu kunjungi saja situsnya.

Berhubung tiap-tiap zona di Jatim Park ini sifatnya berbayar, maka gak mesti mampir ke semua theme park atau zonanya ya. Anggarkan saja Rp 200 ribu untuk berwisata di sini.

Gunung Bromo

Jika kamu menjadikan Jatim Park sebagai destinasi pertama, di hari ke dua kamu sanggup jalan-jalan dulu ke Gunung Bromo.

Nah letak gunung berapi ini sejatinya tersedia di antara empat kabupaten, yakni Malang, Lumajang, Pasuruan, dan Probolinggo.

Kalau dari malang, ya perjalanan yang kamu tempuh kurang lebih 53 kilometer.

Harga tiket masuknya pun gak mahal, hanya Rp 32.500. Jika kamu bawa motor, cost parkirnya juga hanya Rp 5 ribu perak.

Kalau kamu sebetulnya menentukan untuk naik motor, maka rute yang kamu lewati adalah Malang – Lawang – Purwosari – Pasar Nongkojajar.

Pastikan badanmu fit ya bikin perjalanan ini. Dan sebisa mungkin, sampai di sana cari saja penginapan untuk bermalam. Cari yang harganya Rp 150 ribuan, tersedia kok di kurang lebih sana.

Sudah tahu dong soal bagaimana keindahan Gunung Bromo ini. Pokoknya wisata ini wisata yang mesti kamu kunjungi saat berada di Malang.

Wisata ini dikelola oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). So, mereka juga punyai ketentuan tertentu bikin wisatawan di sana. Mampir aja ke situsnya untuk cari tahu lebih lanjut.

bromo dekat kota malang

Gunung Semeru

Setelah ke Bromo pengin main ke Semeru, masih dapat kok. Wong wisata Semeru terhitung dikelola oleh TNBTS juga.

Letaknya terhitung gak jauh dari Bromo, dan telah dinobatkan sebagai gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Tiket masuknya Rp 17.500, tapi ada kabar yang menyebutkan bahwa pendakian gunung yang satu ini tengah ditutup terhitung dari 1 Januari 2018.

Penutupan itu disebabkan karena ada usaha pemeliharaan ekosistem di selama jalur pendakian.

Kapan akan dibuka lagi? Sampai saat ini belum ada info. Tapi sepertinya bulan Maret ini belum dibuka.

Museum Angkut

koleksi aneka style mobil dan kendaraan bermotor zaman dahulu hingga jaman kini.

Museum ini terdapat di Jalan Terusan Sultan Agung No 2 Kota Wisata Batu Jawa Timur.

Di museum ini disediakan tema bagi kamu yang mendambakan berfoto, yaitu tema Batavia, Eropa ( Buckingham ) dan Amerika ( Hollywood, Las Vegas, Broadway ).

Harga tiket masuknya Rp. 50.000 ( Senin – Jumat ) Rp. 75.000 ( Sabtu – Minggu ) dan bagi kamu yang membawa kamera dikenakan ongkos Rp. 30.000.

alun alun jatim park malang

Wisata Batu Night yang Spectacular

Bnayak perihal yaang menarik berasal dari tempat wisata ini adalah jam operasional tempat wisata ini berasal dari sore hingga malam hari.

Tempat wisata ini kondang dengan lampion – lampion yang terlampau romantis di malam hari.

Letak BNS ini berdekatan dengan Jatim Park, harga tiketnya Rp. 20.000 ( Senin – Jumat ) Rp. 25.000 ( Sabtu – Minggu ).

Eco Green Park

Ini adalah tempat wisata yang mengasyikkan bagi anak – anak untuk diperkenalkan.

Di tempat ini anak – anak diajarkan untuk mencintai lingkungan. Eco green park terlampau sesuai untuk tempat wisata keluarga.

Karena tempat wisata ini terdapat lebih berasal dari 10 zona yang bisa kamu kunjungi, pada lain Zona Insectarium, Zona Music Plaza, Zona Walking Bird, Zona Jungle Adventure, Zona World Parrots, Zona Duck Kingdom, Zona Animal Farm, Zona Rumah Terbalik, dan lain – lain. Harga tiket masuknya Rp. 40.000 ( Senin – Kamis ) Rp. 60.000 ( Jumat – Minggu ).

Alun – alun Kota Wisata Batu

letaknya tepat ada di sedang – sedang kota menjadikan alun – alun ini sentra hiburan masyarakat Batu maupun wisatawan berasal dari luar kota.

Alun – alun kota Malang memiliki bentuk dari replika buah apel super besar dan menjadi ikon untuk kota Batu.

Terdapat keunikan dan tidak sama berasal dari alun – alun ini adalah adanya bianglala tepat di sedang alun – alun.

Harga tiket bianglala kira-kira Rp. 3.500 per orang. Kamu bisa nikmati panorama kota batu di malam hari, berasal dari atas bianglala.

Mungkin itulah sedikit hal tips dan panduan untuk kamu yang ingin berlibur ke kota Batu Malang, jadi jangan takut lagi untuk berlibur ke Malang.

Karena Sidikul.Com berikan tips liburan ke Batu Malang dan bahkan lengkap dengan panduan yang bisa kamu terapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.